Kamis, 28 Mei 2015

Manfaat kurma bagi kesehatan


Manfaat Kurma Bagi Kesehatan - Anda pasti kenal dengan yang namanya buah kurma, buah yang identik dengan daerah padang pasir ini memilika rasa yang manis dan kaya akan berbagai zat yang baik untuk tubuh seperti glukosa, protein, vitamin, lemak, mineral dan air. Buah ini konon berasal dari daerah di sekitar teluk persia. Dan sekarang buah kurma mulai banyak dibudidayakan di berbagai tempat di belahan dunia.buah ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis buah yang lain, yaitu dapat disimpan lama. Tidak seperti buah lain yang mungkin tidak akan bertahan lama karena busuk.Buah ini dapat menghilangkan rasa lapar, itu sebabnya sebelum berbuka puasa kita dianjurkan mengkonsumsi buah kurma agar kita tidak makan berlebihan saat berbuka, dan kurma dapat mengganti energi yang hilang setelah berpuasa seharian. Buah ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti gangguan pencernaan, sakit jantung, anemia, diare bahkan juga kanker. Melihat begitu banyaknya manfaat dari buah kurma ini, kali ini saya akan membahas mengenai berbagai khasiat buah kurma bagi kesehatan:

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
  1. Menambah energi
    Dengan banyaknya kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa di dalam buah kurma. Buah ini sangat bagus untuk menambah energi dengan cepat. Oleh karena itu Nabi mensunahkan untuk mengkonsumsi buah kurma sebelum berbuka puasa untuk menggati energi kita yang hilang saat berpuasa.
  2. Baik untuk menjaga kesehatan jantung
    Dengan banyaknya kandungan potassium didalamnya, kurma sangatlah bagus untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke.
  3. Mengatasi anemia
    Didalam kurma banyak terkandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh. Zat besi yang ada di dalamnya sangat bagus untuk para penderita anemia. Dan kandungan zat besi dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi yang dialami penderita anemia.
  4. Menyembuhkan rabun senja
    Ada beberapa orang yang menggunakan kurma sebagai pengobatan alternatif rabun senja. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah kurma atau mennumbuk dau kurma lalu dioleskan ke mata.
  5. Mengatasi susah buang air besar atau konstipasi
    Dengan banyaknya kandungan serat, buah kurma ini sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dan memperlancar buang air besar. Cara konsumsi cukup rendam buah kurma dalam air semalaman. Lalu makan kurma yang telah direndam tersebut.
  6. Baik untuk kesehatan tulang
    Di dalam kurma banyak terkandung mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang seperti magnesium, mangan, tembaga, dan selenium. Zat-zat ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  7. Mengatasi permasalahan seksual
    Dalam kurma terkandung flavonoid dan estradiol yang bagus untuk meningkatkan jumlah sperma dan memperbesar ukuran testis. Selain itu kurma juga bagus untuk meningkatkan stamina seksual.
  8. Menyembuhkan diare
    Diare dapat meringankan penyakit diare karena kandungan potassium dipercaya sangat efektif mengendalikan diare. Selain itu kurma mengkonsumsi kurma juga baik untuk kesehatan pencernaan terutama usus.
  9. Mengatasi alergi
    Di dalam buah kurma terkandung sulfur organik yang sangat bagus mengatasi alergi musiman.
  10. Meningkatkan kesehatan syaraf
    Dengan adanya kandungan potassium dalam buah kurma, buah kurma sangat bagus untuk menjaga kesehatan syaraf dan otak. Oelh karena itu buah kurma sangat bagus bagi orang lansia yang mulai mengalami kepikunan penurunan ketajaman pikiran.
Itu dia beberapa manfaat yang terkandung dalam buah kurma bagi kesehatan tubuh. Melihat bagitu banyak khasiat dari buah yang satu ini. Jadi sering-seringlah untuk mengkonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar