Jumat, 29 Mei 2015

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

 Kopi merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita , kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang didunia. Tapi mungkin ada beberapa orang berfikir kopi bukanlah minuman yang menyehatkan karena adanya kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi. Padahal kopi tidak menjadi minuman yang berbahaya jika kita mengkonsumsinya dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa manfaat dari meminum kopi.
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Menghilangkan sakit kepala
  2. Karena adanya kandungan kafein di dalam kopi diyakini dapat menghilangkan sakit kepala, karena adanya kandungan kafein yang dapat meningkatkan aktivitas pada sel otak. Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa 200 mg kafein terbukti dapat menghilangkan sakit kepala dan migrain.
  3. Menjaga kesehatan hati
  4. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa kopi mengandung antioksidan dan kafein yang dapat mengurangi risiko kanker hati kira-kira sebesar 43%.dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi seseorang beresiko untuk terkena primary sclerosing cholangitis.
  5. Menurunkan berat badan
  6. Kafein dapat membantu dalam mengurangi nafsu makan. Namun ketika kita menggunakan suplemen dan pengobatan yang mengandung kafein untuk menurunkan berat badan harus menggunakan resep dari dokter agar organ lainnya tidak menggalami gangguan.
  7. Membuat kinerja otak menjadi baik dan mencegah alzeimer.
  8. Dari hasil riset diperoleh jika wanita yang mengkonsumsi kopi memiliki risiko rendah untuk terkena alzeimer. Kopi juga bagus untuk menambah konsentrasi. Didalam kopi terkandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel otak dan membuat jaringan syaraf bekerja maksimal.
  9. Mengurangi Depresi dan stress
  10. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa meminum kopi dapat mengurangi depresi sebesar 10 % dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Khasiat kopi akan lebih terasa jika kita mengkonsumsinya dengan tidak terlalu banyak memakai gula. Aroma kopi dipercaya dapat memicu aktivitas gen untuk melindungi sel syaraf sehingga stress dapat berkurang. Untuk konsumsi kopi yang baik sebaiknya konsumsi kopi maksimal 2 cangkir sehari dan jangan terlalu banyak menambahkan gula didalamya.
  11. Mengurangi resiko terkena diabetes
  12. Kandungan antioksidan dalam kopi berfungsi meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Engan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat dapat mengurangi resiko terkena diabetes sebesar 25 %.
  13. Mengurangi resiko terkena kanker kulit
  14. Dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi tepat di yakini dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Dari hasil penelitian wanita yang minum 2 cangkir kopi sehari resiko terkena kanker kulit lebih kecil dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.
  15. Menyehatkan jantung
  16. Di dalam kopi terkandung antioksidan yang dapat menahan efek buruk dari peradangan pada arteri.
  17. Baik bagi kesuburan pria
  18. Dengan mengkonsumsi kopi di waktu pagi dapat membuat sperma deras, dan meningkatkan gairah dalam beraktivitas.
Itu dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi kopi, kopi memang bagus bagi kesehatan tapi jika mengkonsumsinya secara berlebihan malah akan menimbulkan penyakit bagi tubuh. Jadi minum kopi secukupnya saja. Sekian info dari saya, semoga bermanfaat ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar