Jumat, 29 Mei 2015

Manfaat Jengkol dan Petai

Petai dan jengkol ni dia si rajanya makanan yang bikin mulut sama pipis bau. Mungkin sebagian orang malas makan makanan yang satu ini mungkin karena baunya yang super atau gengsi karena menganggap jengkol dan petai makanan yang gak banget dan gak level alias makanan  kaum bawah. Tapi dibalik baunya yang tidak sedap, petai dan jengkol juga memiliki rasa yang enak. Bahkan ada orang-orang yang menganggap makan jengkol lebih enak dari pada makan daging. Dan sekarang jengkol dan petai dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan sedap. Selain rasa enak dan bau khas menyengat petai juga mempunyai banyak khasiat lho. Ini dia beberapa khasiat petai jengkol yang perlu kamu ketahui:
Manfaat Jengkol dan Petai

  1. Mengatasi anemia
    Karena kaya akan kandungan zat besi petai sangat bagus untuk para penderita anemia. Karena petai dapat menstimulasikan produksi sel darah merah.
  2. Mengatasi sembelit
    Petai dan jengkol sangat kaya akan kandungan serat yang pastinya sangat baik untuk melancarkan pencernaan anda. Sehingga mencegah timbulnya sembelit.
  3. Mencegah diabetes
    Didalam jengkol terkandung berbagai asam dan mineral yang dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes
  4. Mencegah stroke
    Ternyata petai juga memilki khasiat dalam menurunkan resiko seseorang terkena stroke hingga 40 %. Dan hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah riset ‎“The New England Journal of Medicine”.
  5. Bagus untuk jantung
    Mengkonsumsi jengkol sangat bagus untuk kesehatan jantung. Dan katanya dengan mengkonsumsi jengkol kita dapat mencegah terkena penyakit jantung koroner.
  6. Membuat pintar
    Di dalam petai terkandung kalium tinggi sehingga sangat bagus untuk membuat belajar menjadi lebih efektif. Dan hal ini telah dibuktikan dengan penelitian 200 siswa di Twickenham yang menurut mereka mereka lebih mudah mengerjakan soal ujian karena telah mengkonsumsi petai untuk menu makan mereka baik pagi, siang dan malam.
  7. Menjaga kesehatan lambung
    Buah ini terbukti sangat bagus untuk menetralkan asam lambung dan melapisi permukaan lambung agar lambung tidak mudah mengalami iritasi.sehingga sangat bagus untuk kesehatan lambung.
  8. Mengurangi kebiasaan merokok
    Dengan kandungan kalium, magnesium, viatamin B6 dan B12  pete dapat membantu para perokok yang ingin mengurangi kecanduan dari rokok. Karena dengan kandungan tersebut tubuh bisa cepat sembuh dari efek yang ditimbulkan dari penghentian nikotin.
  9. Bagus sebagai menu diet
    Petai sangat bagus untuk mengurangi kegemukan karena sifatnya yang dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih.
  10. Mengatasi depresi
    Dalam petai terkandung tryptophan yang kemudian berubah menjadi serotonin. Zat inilah yang membuat mood menjadi lebih baik, sehingga tubuh menjadi lebih relax.
Itu dia beberapa khasiat buah petai dan jengkol. Tapi meskipun enak dan kaya akan manfaat. Jangan memakan jengkol dan petai terlalu berlebihan, karena pengkonsumsian jengkol berelebihan bisa menyebabkan penyakit jengkolan atau susah buang air kecil dan pastinya mulut juga jadi bau. Tapi tenang saja untuk mengatasi bau mulut yang ditimbulkan kita bisa mengunyah kopi, beras atau cengkeh untuk mengurangi dan menghilangkan bau pada mulut. Tapi anda juga bisa menggosok gigi dan menggunakan obat kumur agar hasil lebih efektif. sekian info dari saya, semoga bermanfaatya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar