Kamis, 28 Mei 2015

Langkah Awal Ketika Handphone Terkena Air

Handphone bisa dibilang merupakan barang yang tidak bisa dipisahkan dalam berbagai aktivitas manusia sekarang. Jadi  hampir semua orang pasti mempunyai barang tersebut. bahkan ada yang memiliki handphone lebih dari satu buah. Handphone itu sendiri termasuk dalam barang elektronik, sehingga fatal akibatnya kalau komponen dalam handphone sampai terkena air, bisa menimbulkan konslet yang mengakibatkan rusaknya hanphone anda. Namun apabila handphone anda sudah terlanjur tercebur dalam air jangan langsung panik, karena masih ada kemungkinan handphone masih bisa diselamatkan. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips langkah-langkah yang harus dilakukan ketika handphone anda terkena air, berikut tipsnya.
Langkah Awal Ketika Handphone Terkena Air

  1. Keluarkan handphone segera mungkin dari dalam air
  2. Ketika handphone anda terkena air langsung saja ambil handphone anda. karena walaupun kondisi handphone terlihat rapat. tapi air dapat cepat merembes masuk kedalam handphone, jadi cepat-cepat ambil handphone anda tersebut dari dalam air untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
  3. Matikan Handphone anda
  4. Langkah pertama, jangan sekalipun anda langsung menghidupkan handphone anda. Karena akibatnya bisa sangat fatal handphone anda bisa mengalami konslet yang berakibat handphone anda mati total.
  5. Cabut komponen baterai, sim card dan memory card
  6. lalu segera cabut komponen yang ada di dalam handphone. Seperti baterai, sim card, dan memory card, untuk mencegah rusak atau korosinya komponen-komponen tersebut.
  7. Keringkan handphone
  8. keringkan handphone anda dengan mengelapnya, atau bisa gunakan kipas angin agar yang terdapat dalam handphone cepat kering.
  9. Gunakan beras/silica gel untuk menyerap air
  10. gunakan barang yang dapat menyerap air seperti beras dan silica gel. Keduanya dapat menyerap kelembapan pada handphone sehingga air yang masuk pada bagian terdalam handphonepun bisa keluar. Lakukan perendaman ini selama 2-3 hari sampai dirasa handphone sudah cukup kering.
  11. Hidupkan handphone
  12. setelah itu pasang semua komponen handphone kembali baterai, sim card,dan memory card dalam handphone. Lalu hidupkan handphone kembali, kalau handphone masih tetap tidak menyala coba bawa saja handphone ke tempat servis terpercaya. Kalau handphone masih tidak bisa diperbaiki beli saja handphone yang baru.
Itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan kalau handpone kamu tercebur kedalam air, untuk mencegah musibah ini lebih baik jangan membawa handphone ke toilet, pantai yang dapat beresiko handphone terkena air. Dan yang terpenting jangan langsung menyalakan handphone yang terkena air secara langsung, karena handphone malah akan konslet dan rusak parah. Sekian beberapa tips dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar